KURSUS TEOLOGI FEMINIS

LAPORAN

PELAKSANAAN KEGIATAN DAN KEUANGAN

KURSUS TEOLOGI FEMINIS

 

Thema : Bersama Menghapuskan Kekerasan Berbasis Gender

Untuk Kehidupan  Yang Lebih Harmonis

Melalui Pelatihan Gender Dan Teologi Feminis.

 

09 – 12 Oktober 2018, Karmel-Tg.Pinggir, Pematangsiantar

<><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><><> 

 

 

  1. PENDAHULUAN

Segala puji dan hormat kami persmbahkan hanya kepada Yesus Kristus Tuhan kita, yang begitu luar biasa menyertai dan memberkati kehidupan kita, khususnya WCC Sopou Damei GKPS dalam kegiatan KURSUS TEOLOGI FEMINIS singkat yang diadakan pada hari Selasa- Jumat/ tanggal 09-12 Oktober 2018 yang bertempat di Pusat Spiritualitas karmel-Tg. Pinggir-pematangsiantar.

 

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan Rencana Program Kegiatan WCC Sopou Damei GKPS tahun 2018 yang bertujuan untuk (1) memberikan perspektif dan kesadaran baru dalam berteologi yakni dengan metode Hermeneutik Teologi Feminis. (2) Memfasilitasi dan mendorong fulltimer GKPS dalam mewujudkan Kesetaraan dan Keadilan Gender. (3) Memberikan pemahaman tentang Kekerasan Berbasis Gender kepada peserta dan berkomitmen untuk menghapusnya dan (4)  Memotivasi para peserta supaya menjadi pelaku/ pejuang Kesetaraan dan Keadilan Gender.

 

Kegiatan Kursus Teologi Feminis singkat ini merupakan salah satu program tetap yang dilaksanakan oleh WCC Sopou Damei , sebagai salah satu program edukasi yang diberikan kepada para Fulltimer GKPS dengan harapan kemudian dapat dikembangkan di tengah-tengah pelayanan masing-masing, sehingga dapat lebih memperkaya pemahaman Hermeneutik atau berteologi khususnya dalam rangka menghapuskan atau mengurangi tindakan-tindakan Kekerasan Berbasis Gender demi kehidupan yang lebih harmonis.

 

Sebagai tambahan informasi kami sampaikan bahwa pada saat KTF, satu  orang tim WCC Sopou Damei GKPS tidak bisa hadir karena sedang sakit,  karena itu untuk membantu kelancaran acara maka tim WCC Sopou Damei meminta kesediaan Mey Saragih, STh dan bersama-sama mensukseskan kegiatan Kursus Teologi Feminis 2018.

 

Berikut ini kami sampaikan laporan kegiatan dan keuangan KURSUS TEOLOGI FEMINIS  2018.

 

 

  • Peserta

Adapun peserta yang diundang untuk mengikuti KTF ini adalah sebanyak 20 orang, namun beberapa peserta terpaksa mengundurkan diri karenaurusan keluarga dan juga pelayanan yang tidak dapat ditinggalkan. Peserta yang diundang adalah sbb :

  1. Jan Riwando Purba (GKPS Rest. Panei Tongah)
  2. PenginjilJulitaSaragih( GKPS Rest. Siantar V)
  3. PenginjilRohni H. Sipayung (GKPS Rest. BatuOnom)
  4. Penginjil Rosmi Sinaga (GKPS Merek Raya)
  5. Monika Simanjorang (GKPS Rest.Sidamanik)
  6. JonnediPurba (GKPS Rest. DologHuluan)
  7. ArifinSaragih (GKPS Rest. Sondi Raya)
  8. AgusRonyDamanik (GKPS Rest. Raya Huluan)
  9. Maya Sari Damanik (GKPS Rest. Raya Usang)
  10. RohmaShoviaSinaga (GKPS Rest.Bulu Raya Pasar)
  11. DebbySimarmata (GKPS Rest Hinalang)
  12. Sri Johana (GKPS Rest. Menteng Indah)
  13. SophiaEirenePurba (GKPS Rest. RK III)
  14. Michael Purba (GKPS Rest RK V)
  15. NuritaSaragih (GKPS Rest. Sibuntuon)
  16. Erwin Saragih, MTh. (GKPS Rest. Haranggaol)
  17. Jakardo Damanik, STh. (GKPS Rest. Serdang I)
  18. Rudol Saragih, STh (GKPS Rest. Halaotan)
  19. Suhana Purba, STh. (GKPS Rest. Kabanjahe)
  20. Pdt. Jon Lamhot Sinaga, STh. (Asrama Putra GKPS)

 

Dari 20 peserta yang tidak hadir adalah : (1) Pdt. Agus Roni Damanik, (ada anggota keluarga yang meninggal dunia) (2) Pdt. Maya Sari Damanik. (ada anggota jemaat yang meninggal dunia. (3) Pdt. Debby Simarmata (ada anggota jemaat yang meninggal dunia). Dikarenakan pembatalan atau pengunduran diri sudah sangat mepet waktunya maka kesempatan untuk mencari penggantinya sangat terbatas sehingga KTF berlangsung dengan 17 orang peserta berarti sekitar 70 % kehadiran.

 

  • . Fasilitator

Adapun fasilitator dalam Kursus Teologi Feminis singkat  ini ada 3 orang yaitu 1 orang fasilitator utama yaitu Pdt. DR. Asnath Niwa Niwa Natar (Dosen Teologi Feminis di UKDW-Yogyakarta) dan 2 orang lagi sebagai nara sumber yaitu ;Pdt. Juandaha Raya Purba dengan topik :Perempuan dalam Budaya Simalungun, dan Ibu Erlina CH. Dinaria Pardede dengan materi ; Kekerasan Berbasis Gender, yang mengawali memberikan ceramah kepada peserta yang berguna untuk membuka pemahaman peserta sebagai dasar untuk masuk kepada pengetahuan dan pemahaman tentang Teologi Feminis yang nantinya dipandu oleh fasilitator utama.

 

  • Waktu & tempat

Kursus Teologi Feminis 2018  dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal   : Selasa-Jumat/ 09-12 Oktober 2018

Waktu                         : Jam 10.00 sd selesai

Tempat             :Pusat Spiritualitas Karmel-Tg.Pinggir-Pematangsiantar.

 

Demikianlah laporan ini kami sampaikan, dengan harapan semoga berguna. Kami menyadari sesungguhnya laporan ini belum sempurna , karena itu kami membuka diri untuk menerima saran dan kritik yang dapat memperbaiki dan membawa ke arah yang lebih baik. Demikian kami sampaikan dengan menucapkan terima kasih, Tuhan Allah sumber kehidupan, keadilan dan kesetaraan memberkati kita.

 

Salam dan hormat

 

WCC SOPOU DAMEI GKPS

 

 

Kordinator                        Staf Administrasi                    Staf Keuangan

 

 

 

 

Pdt. Julinda Sipayung, MSi.   Lenti R, S.Kom.                      Kristina N.Purba

Comments

comments

Updated: Oktober 26, 2018 — 6:14 am